Cara Membuat Kandang Baterai Ayam Petelur

10 Agustus 2018 - Kategori Blog

Cara Membuat Kandang Baterai Ayam Petelur – Kandang baterai ayam petelur merupakan kandang yang memiliki bentuk sangkar empat persegi panjang dengan susunan berjejer memanjang dan biasanya di susun bertingkat dua atau lebih. Setiap sangkar biasanya berkapasitas 1 atau 2 ayam dewasa.

Lantai kandang terbuat dari bambu atau kawat galvanis yang disusun sedimikian rupa (tidak rapat) sehingga kotoran ayam petelur dapat secara langsung jatuh ke tanah.

Bagi para peternak, Model kandang baterai sangat sesuai dan sangat efektif untuk memanfaatkan lahan sempit dan daerah tropis di Indonesia.

Kandang baterai ayam petelur

Kandang Baterai Ayam Petelur 4 Pintu

Pedoman Cara Membuat Kandang Baterai Ayam Petelur

1. Bahan Utama Kandang Baterai ( battery ) Ayam Petelur

Jika kita akan membuat kandang sendiri maka anda dapat menggunakan bahan kandang baterai ayam petelur ini dari bambu atau kawat. Kandang bambu merupakan kandang ayam petelur tradisional dan sangat mudah dibuat sendiri dengan berpedoman pada ukuran yang srandar (jika anda memiliki modal banyak bisa langsung beli kandang ayam petelur ini di poultry ternak pertama. Kami menjual kandang baterai ayam dengan bahan besi galvanis terbaik yang anti karat dengan harga sangat murah dengan ukuran yang sudah standarnya (ukuran yang sesuai dan pass berdasarkan pengalaman). Dengan menggunakan kandang baterai buatan ternak pertama kami jamin barang yang kami produksi sangat awet dan kuat sampai 15 tahun lebih.

2. Ukuran Kandang baterai ayam petelur

Ukuran kandang baterai ayam petelur yang anda beli di poultry ternak pertama ini biasa digunakan oleh para peternak ayam, jadi sudah sesuai dengan standar terbaik sehingga anda tinggal mengikuto saja. Asal anda tau, Ukuran kandang juga merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan dan produktif ayam petelur itu sendiri. Selain sangat berpengaruh pada perkembangan ayam petelur kita juga melihatnya dari segi biaya, perlu di ingat dalam membangun usaha peternakan tak bisa terlepas dari investasi yang akan dikeluarkan.

Bentuk kandang baterai yang kami produksi sengaja dibuat memanjang dan di sekat sekat kecill dimana panjangnya akan di samakanĀ  dengan kebutuhan.

Setiap sekat kandang petelur memiliki ukuran dibawah ini

Panjang : 40 cm Lebar : 40 cm
Tinggi : Depan 37 cm dan Belakang 30 cm

Cara Membuat Kandang Baterai Ayam Petelur yanag baik dengan memberikan ruang (ventilasi) yang sangat pas dan terbuka dari bagian belakang atas maupun depan. Perlu di ingat, untuk Kandang bagian alas harus dibuat agak sedikit miring hal ini untuk agar telur dapat bergulir ke depan.

Cara Membuat Kandang Baterai Ayam Petelur

Kandang Baterai Ayam Petelur 3 Tingkat

Biasanya dalam 1 sekat akan ditempati oleh 1 ataupjn 2 ayam dewasa yang sudah siap bertelur.

3. Tempat Pakan dan Minum kandang baterai ayam petelur

Untuk Tempat pakan dan tempat minum ayam biasanya di susun bertingkat. Dimana tempat pakan berada di bawah, sedangkan tempat minum diatas

Kemudian untuk Tempat pakannya sendiri bisa menggunakan kayu atau dari pipa belah pabrik. Akan jauh lebih mudah dan sangat awet jika terbuat dari pipa belah pabrik karena sudah lengkung dan mudah didapat di poultry ternak pertama.

Tempat minum saat ini yang paling modern bisa menggunakan nipple ayam petelur otomatis (sehingga pipa tidak mudah bocor).

4. Posisi Penempatan kandang ayam petelur yang benar

Cara membuat Kandang ayam petelurĀ  yang benar yaitu di buat model panggung agar kotoran ayam dapat langsung jatuh ke lantai. Hal ini jelas akan mempermudahkan anda dalam membersihkan kotoran dan sirkulasi udara akan menjadi jauh lebih baik.

Perlu anda perhatikanĀ Cara Membuat Kandang Baterai Ayam Petelur , Posisi kandang baterai ayam petelur ini sangat baik dibuat tersusun dan bertingkat, akan tetapi jangan disusun sejajar atau berada tepat diatas sehingga sangat sulit banget untuk geser ke samping. Hal ini harus anda lakukan agar uventilasi udara dan kotoran tidak akan mengenai ayam yang tepar berada dibawahnya. Sebaiknya buat 3 atau maksimal 4 tingkat saja. Jika terlalu tinggi ayam akan sulit untuk di kontrol

Berdasarkan pengalaman, Tinggi kandang dari tanah 1,25 sampai 1,5 m. Hal ini untuk mengurangi atau mencekah amonia dari kotoran ayam. Sedangkan untuk Jarak ideal antar kandang adalah 1 x lebar kandang saja
Dan yang terbaik posisi atau letak kandang di buat memanjang ke arah barat-timur dengan tujuan agar pencahayaan lebih baik.

Kelebihan dan Kekurangan Kandang Baterai Ayam Petelur

Kelebihan atau keuntungan kandang ayam baterai

1. ventilasi secara alamiah berjalan lancar sehingga ayam petelur akan nyaman.

2. Resiko kemungkinan terjadi kanibal dapat dihindari atau dapat berkurang.

3. Sangat mudah dalam pengawasan ayam yang sakit.

4. Sangat mudah mengkontrol pakan dan produksi.

5. Ayam akan sehat dan bersih sehingga produksi telur akan meningfat dan kualitas telur juga bagus dan bersih.

Kekurangan menggunakan kandang ayam petelur

1. Biaya atau modal investasi awal pembuatan kandang cukyp mahal

2. jika anda terlambat dalam membersihkan kotoran akan banyak lalat dan akan timbul amonia atau bau

3. Jika pemberian pakan kurang baik ayam akan mudah defisiensi nutrisi,

4. Kemungkinan terjadi kelumpuhan lebih mudah karena ruang gerak sempit atau jika ayam dimasukkan sebelum waktunya karena otot-otot ayam masih lemah.

Kemudian yang terahir, Sebelum kandang battery petelur jadi, kita pastikan harus membangub bangunan utama berupa atas tiang dan atap berfungsi sebagai pelindung.

Demikian artikel yang bisa kami sampaikkan yakni bagaimana cara membuat kandang baterai ayam petelur yang baik san apa saja kelebihan dan kekurangan kandang bateray ayam petelur. Mudah mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua.

Informasi penting !!!

Poultry Ternak Pertama sedia 3 jenis kandang baterai ayam petelur Murah Anti karat dengan bahan utama Besi galvanis dengan kualitas terbaik.

1. Kandang baterai ayam petelur 4 pintu memiliki panjang 120 cm dengan kapasitas 4 – 8 ekor
2. Kandang baterai ayam petelur 6 pintu memiliki panjang 120 cm dengan kapasitas 6 ekor
3. Kandang baterai ayam petelur 10 pintu memiliki panjang 2 meter dengan kapasitas 10 ekor.

Ternak Pertama menerima proyek pembuatan kandang baterai ayam petelur lengkap mulai dari bangunan sampai semua peralatanya dengan harga yang sangat murah dan kompetitif. Semua bahan dan pekerja dari kami. jika anda tertarik, silahkan hubungi kami.

 
Hubungi Kami